Wanita yang sedang datang bulan tidak jarang akan merasa nyeri di perut atau pinggul pada hari pertama datang bulan. Ada juga yang mengalami kram, mual, atau sakit kepala. Salah satu solusinya adalah dengan mengkonsumsi produk obat pereda nyeri haid. Namun cara itu kadang salah dan tidak dianjurkan. 
Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat menstruasi agar nyeri haid tidak terlalu terasa seperti yang dilansir dari Boldsky.com!

1. Kafein
Menghindari kafein dapat membantu mengurangi kembung di perut. Karena jika mengkonsumsi kafein saat menstruasi, pembuluh darah akan menyempit dan tubuh akan mengalami dehidrasi. Hal itu dapat menyebabkan sakit kepala dan gugup. 

2. Makanan dan minuman berkadar gula tinggi
Permen dan soda adalah salah satu contoh makanan berkadar gula tinggi, dan bisa menyebabkan kadar gula melonjak dan mempengaruhi tingkat emosi. Makanan yang terlalu manis membuat tubuh mudah lelah dan lapar sehingga membuat berat badan bertambah. Namun makanan manis bisa menghilangkan bad mood dari nyeri yang dialami, jumlahnya saja yang harus dikurangi.

3. Makanan yang dipanggang
Makanan yang dipanggang mengandung lemak trans dalam jumlah besar. Kandungan itu dapat meningkatkan kadar estrogen yang akan membuat rahim mengalami kram dan terasa sakit. 

4. Makanan yang digoreng
Kadar lemak dan minyak yang tinggi juga bisa didapat dari makanan yang digoreng. Sama seperti makanan yang dipanggang, hal itu akan meningkatkan kadar estrogen. Makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, dan sebagainya harus dihindari. 

5. Makanan dengan kadar garam tinggi
Garam yang berlebihan dapat membuat perut kembung. Tingginya kalori dan kadar garam dapat menyebabkan berbagai kerugian untuk tubuh dan juga menambah berat badan. 
Source : yahoo.com

Post a Comment Blogger

 
Top